Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Strategi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Swasta
Main Article Content
Abstract
Keberlangsungan dan daya saing lembaga pendidikan, terutama di sektor swasta, sangat bergantung pada proses penerimaan siswa baru (PPDB). Sekolah swasta harus lebih fleksibel dan kreatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, berbeda dengan sekolah negeri yang mendapatkan subsidi dan menjamin kuota siswa melalui sistem zonasi.Dalam konteks ini, kepala sekolah memegang peran sentral, tidak hanya sebagai manajer administratif, tetapi juga sebagai pemimpin strategis dan komunikator publik yang mampu membangun kepercayaan orang tua dan Masyarakat luas.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki cara dan pola kepemimpinan kepala sekolah saat PPDB, menentukan taktik untuk menarik dan merekrut siswa baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode grounded theory sebagaimana dikembangkan oleh (Corbin & Strauss, 2015). Hasil penelitian melalui pendekatan grounded theory, ditemukan bahwa gaya kepemimpinan yang bersifat demokratis, partisipatif, dan adaptif terhadap perubahan, berperan langsung dalam merancang strategi promosi, komunikasi dengan masyarakat, dan inovasi layanan pendidikan. Penelitian ini menegaskan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memegang peranan sentral dalam keberhasilan strategi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah swasta.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.