Pengaruh Brand Community Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Emina Di Kota Medan

Main Article Content

Annisa Nyak Lestari
Khafi Puddin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan community terhadap keputusan pembelian konsumen kosmetik di Medan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 80 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu minimal 30 sampel. Teknik pengumpulan data yang menggunakan kuesioner sebagai alat ukur juga harus dievaluasi validitas dan reliabilitasnya. Kemudian dilakukan uji asumsi klasik yaitu analisis normalitas, multilinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi, dan regresi linier berganda (RBL). Setelah itu dilakukan uji hipotesis yaitu uji parsial (uji t). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini, persepsi konsumen terhadap kosmetik Emina di Medan dipengaruhi secara signifikan oleh Brand Community dan Brand Image. Selain itu, Brand Community dan Brand Image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap permintaan konsumen terhadap kosmetik Emina di Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lestari, A. N., & Puddin, K. (2025). Pengaruh Brand Community Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Emina Di Kota Medan. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6335–6348. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i4.7964
Section
Articles
Author Biography

Khafi Puddin, Universitas Negeri Medan

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, sebgai kaprodi kewirausahaan.

References

Ali, M. (2021). Metode penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika.

Azwar. (2022). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, B. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Compas. (2021). Salah Satu Brand Favorit Millennial, Angka Penjualan Emina Tembus Rp 4,5 Miliar. Retrieved February 11, 2024, from Compas.co website: https://compas.co.id/article/data-penjualan-emina/

Compas. (2022). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. Retrieved January 1, 2024, from Compas.co website: https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/

Davidson, Gounaris, S., & Stathakopoulos, V. (2019). Antecedents and consequences of brand loyalty: An empirical study. The Journal of Brand Management, 11(4), 283–306. https://doi.org/10.1057/palgrave.bm.2540174

Deliana. (2019). Pengaruh Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Yamaha Fino Pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor Cab. Pallangga. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Fajar, M. K. (2019). Brand Image dan Perceived Quality Terhadap Kepuasan dan Loyalitas. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1–8.

Fithri, A. (2021). Pengaruh Brand Ambassador dan Product Quality terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic (Studi Kasus pada Pemakai Produk Nature Republic di Kota Pekanbaru). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ferrinadewi, E., & Rukismono, M. (2020). Faktor yang Dipertimbangkan Buyer dalam Keputusan Pembelian Hasil Laut Olahan Produksi Indonesia. Business and Finance Journal, 3(2), 77–84.

Ghozali, I. (2020). Partial Least Square, Konsep Teknik, dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitsas Ponogoro.

Gumiwang, R. (2019). Di Balik Tren Masuknya Para Artis ke Industri Kosmetik. Retrieved February 11, 2024, from Tirto.id website: https://tirto.id/di-balik-tren-masuknya-para-artis-ke-industri-kosmetik-ecFW

Hasan. (2020). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Jakarta: PT Buku Seru.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2015). Arti Kata “Kosmetik.” Retrieved January 1, 2024, from Kamus Besar Bahasa Indonesia website: https://kbbi.co.id/arti-kata/kosmetik

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Klaten: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management (15th ed.). Pearson education Inc.

Kresnajati. (2019). Marketing An Introduction (14th ed.). England: Pearson Education Limited.

Laoli. (2021). Brand image dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Jakarta: Sinar Publishing.

Margono. (2020). ADR dan Arbitrase, Proses Pelembagaan dan Aspek Hukum. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Muhriadi, S. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Brand Image, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Munandar. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK UNY. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muñiz, J. A., & O’Guinn, T. (2019). Brand Community. In Journal of Consumer Research (Vol. 27). Bogor: Ghalia Indonesia.

Putri, S. H. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glow (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Universitas Islam Riau). Universitas Islam Riau.

Resnick, M. (2019). Increasing Brand Equity with Interactive On-Line Communities. Journal of E-Business, 1.

Romadhoni. (2019). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia (1st ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Rukmana, I. D. (2022). Pelembap Wajah Terlaris 2022, Berikut 10 Top Brand dengan Angka Market Share Tertinggi! Retrieved January 1, 2024, from Compas.co website: https://compas.co.id/article/top-brand-pelembap-wajah-market-share/

Sangadji, & Sopiah. (2019). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Sanusi. (2022). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sasikirana, S. E. A. (2023). Pengaruh Brand Trust dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Produk White Diary di Kota Surabaya. UPN Veteran Jawa Timur.

Siregar. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitaitf, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2019). Ekonomi Terapan: Teori dan Aplikasi Dengan SPSS (1st ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Yuniar, S. A., & Basuki, R. S. (2020). Pengaruh Desain Kemasan dan Brand Image terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Emina (Studi pada Mahasiswi D4 Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis (JAB), 6(1).

Yusdara, A. (2018). Produk EMINA untuk kalangan Remaja dengan Kemasan yang Cute, Kalian Harus Punya! Retrieved January 1, 2024, from Beauty Journal website: https://www.beautyjournal.id/article/produk-emina-untuk-remaja-dengan-kemasan-yang-cute-kalian-harus-punya