Pengaruh Co-Branding dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk UT Graphic T-Shirt Uniqlo pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Main Article Content

Ruby Albina Shafa
Khafi Puddin

Abstract

Adanya penelitian ini bertujuan agar dapat melihat sejauh mana pengaruh Co-Branding dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian produk UT Graphic T-Shirt Uniqlo pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dimana data dikumpulkan dengan cara kuesioner, dengan pengambilan sample-nya memakai metode nonprobability sampling dengan menerapkan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan terdiri dari 90 mahasiswa yang pernah membeli produk UT Graphic T-Shirt Uniqlo. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa secara parsial variabel Co-Branding dan Desain Produk menunjukkan dampak positif terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu, secara simultan, kedua variabel tersebut berdampak positif serta signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Shafa, R. A., & Puddin, K. . (2025). Pengaruh Co-Branding dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk UT Graphic T-Shirt Uniqlo pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6233–6246. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i4.7962
Section
Articles

References

Arfiyana, I. (2019). Latar Belakang Gaya Hidup Konsumtif Di Kalangan Mahasiswa Perantauan (Studi Kasus Mahasiswa Fisip Universitas Mulawarman. Jurnal Sosiatri-Sosiologi, 7(2), 180-194.

Ariella, R. I. (2018). “Pengaruh kualitas produk, harga produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian Konsumen Mazelnid.” PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221.

Atikkah, S., & Joko, S. (2021). Pengaruh Fanatisme Fans Anime, Kergaman Produk dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Anime pada Distro Pikapikani. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(6), 1261-1276.

Azany, Frena. (2014). Analisis Pengaruh Desain Produk, Motivasi Konsumen dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bellagio (Studi Pada Konsumen Toko Sepatu Bellagio Java Supermall Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro.

Enrico, et al. (2021) The Influence of Services Cape, Discount, Brand Image, and Service Quality on Purchase Decisions in Starbucks Tangerang, Indonesia. IEOM Society International, 85-97.

Everlin, et al. (2021). Analisis Semiotika Brand Value Melalui Artist-Brand Collaboration Uniqlo UT. Jurnal Desain, 9(1), 64-79. http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i1.10293

Fakhruddin, S. H., & Dewi, R. S. (2020). Pengaruh Co-Branding dan Customer-Based Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Co-Branding Produk Stockroom-Oldblue di Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 360–368. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28136

Fast Retailing. (2024). Fast Retailing Results for September 2023 to May 2024 and Esitmates for FY2024. Diakses tanggal 15 Oktober 2024, dari https://www.fastretailing.com/eng/ir/library/pdf/20240711_results_en.pdf

Géraldnie, Michel. (2020). The Art of Successful Brand Collaborations. London: Routledge.

Goodstats. (2022). Indonesia Jadi Negara dengan Fans K-Pop Terbanyak di Dunia. Diakses tanggal 1 Oktober 2024, dari https://goodstats.id/article/indonesia-masuk-peringkat-pertama-dengan-fans-k-pop-terbanyak-di-dunia-6w71d

Harsanto, B. (2017). Dasar Ilmu Manajemen Operasi. Unpad Press: Bandung.

Isa, M., & Istikomah, R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Makanan di Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Dayasaing, 21(2), 98-110.

Keller, Kevin L. (2008). Strategic Brand Management Third Edition. New Jersey: Pearson Education International.

Kotler & Armstrong. (2020). Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Leman, et. al. (2020). Dampak Fast Fashion Terhadap Lingkungan. Seminar Nasional ENVISI 2020: Industri Kreatif, 128-136.

Nalendra, A.R.D. (2021). Statistika Seri Dasar Dengan SPPS. Bandung: Media Sains Indonesia.

Nata et al. (2022). Parasosial Korean Fandom dan Identitas Diri Di Kalangan Remaja. Konsorium Psikologi Ilmiah Nusantara, 18(8).

Nurpriyanti, V., & Hurriyati, R. (2016). Pengaruh Kinerja Co-Branding Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mini Market Penjual Es Krim Wall’s Selection Oreo di Kecamatan Cikajang - Garut). Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 100–116. https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2281

Pristianti, K. (2024). Pengaruh Menonton Animasi Jepang di Internet Terhadap Gaya Hidup Wibu di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 93-121.

Putri, Y. A., & Damayanti, D. (2024). Pengaruh Harga, Citra Merek, Gaya Hidup dan Co-Branding terhadap Keputusan Pembelian Produk Jims Honey di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Simki Economic, 7(1), 224–233. https://doi.org/10.29407/jse.v7i1.587

Shinta, F. (2018). Kajian Fast Fashion dalam Percepatan Budaya Konsumerisme. Jurnal Rupa, 3(1), 62. https://doi.org/10.25124/rupa.v3i1.1329

Sulistyo, A. N. B. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Mirai Management, 8(2), 327–336.

Supriyatno, Y. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Yamaha Mio di Kota Cilegon). Jurnal Sains Manajemen, 6(1).

Tanzil, M. Y. (2017). The Sustainable Practices of Indonesian Fashion Brands. 203-211.

Tjiptono, Fandy. (2020). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Andi.

Toi, Y. (2020). Kepopuleran dan Penerimaan Anime Jepang di Indnesia, Ayumi: Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra, 7(1), 68-82