Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Mint Beauty Shop Kota Gunungsitoli

Main Article Content

Olina Halawa
Aferiaman Telaumbanua
Sophia Molinda Kakisina
Martha Surya Dinata Mendrofa

Abstract

Berdasarkan fenomena masalah penulis menemukan konsumen belum menyadari bahwa produk yang mereka beli di toko tersebut sebenarnya telah memiliki positioning dan citra merek yang dirancang secara strategis dan konsumen belum mampu membedakan antara toko sebagai merek dengan produk-produk yang dijualnya. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan konsumen di Mint Beauty Shop Kota Gunungsitoli, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dan penyebaran angket (kuesioner) kepada pelanggan sebanyak 39 responden. Sedangkan pengujian analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis koefisien korelasi, koefisien determinan, uji hipotesis t dan uji F. Pada penulisan ini menggunakan penulisan kuantitatif dengan perhitungan data menggunakan SPSS untuk memperoleh nilai akurat. Hasil penulisan ini, menemukan bahwa ada pengaruh  secara simultan (bersama-sama) antara variabel citra merek (X1) kualitas produk (X2), terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 13,314 lebih besar dari nilai Ftabel 3,259. Sedangkan secara parsial citra merek (X1) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) diketahui nilai thitung sebesar 2.323 lebih besar dari ttabel 2.028 signifikansinya 0,001 sedangkan kualitas produk (X2) berpengaruh signfikan terhadap kepuasan konsumen (Y), dengan nilai thitung sebesar 3.004 lebih besar dari ttabel 2.028 diketahui nilai signifikansinya 0,003.  Untuk nilai koefisen determinannya sebesar 42,5% sisanya dipengauhi oleh faktor-faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Halawa, O., Aferiaman Telaumbanua, Sophia Molinda Kakisina, & Martha Surya Dinata Mendrofa. (2025). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Mint Beauty Shop Kota Gunungsitoli. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(6), 9456–9465. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i6.11571
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)