Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Kunjungan Pelanggan Pada Lasara Point Restaurant Di Kota Gunungsitoli
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Kunjungan Pelanggan Pada Lasara Point Restaurant Di Kota Gunungsitoli. Fenomena penurunan jumlah pengunjung ini bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Jika dilihat dari data kunjungan, dalam waktu singkat (Januari-April) terjadi penurunan drastis sebesar 61 orang atau setara dengan penurunan 50% dari jumlah pengunjung awal dalam kurun waktu empat bulan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 37 pelanggan sebagai responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap kunjungan pelanggan. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji t dan nilai koefisien determinasi yang mengindikasikan bahwa sebagian besar variabel kunjungan pelanggan dapat dijelaskan oleh citra merek yang diterapkan. Dengan demikian, Lasara Point Restaurant Gunungsitoli disarankan untuk terus mengembangkan dan mengoptimalkan citra merek guna meningkatkan minat kunjungan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andriani, N. (2023) “Manajemen Merek: Strategi Dan Pengembangannya”, Cv.Eureka Media Aksara: Malang/Jalan Banjaran, Desa Banjaran RT 20 RW 10 Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga.
Emmywati, S. ddk (2022) “Manajemen Daya Tarik Wisata Dan Kepuasan Kunjungan Wisata”, Makassar/hakti Pustaka Indonesia Jl. Ir. Sutami Ruko Villa Mutiara Indah Kelurahan Bulurokeng, Kec. BiringkanayaMakassar – 90241.
Firmansyah, A. (2019) “Buku Pemasaran Produk Dan Merek”, CV. Penerbit Qiara Media Surabaya.
Herya, N. (2019) “Brand Equity Dan Loyalitas Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Indonesia”, Wineka Media l. Palmerah XIII N29B, Vila Gunung Buring Malang 65138.
Meliantari (2023) “Produk Dan Merek”, Eureka Media Aksara, Mei 2023 Anggota Ikapi Jawa Tengah No. 225/Jte/2021 Bogor Timur/Jln. Banjaran, Desa banjaran RT 20 RW 10 Kecamatan Bonjongsari Kabupaten Purbalingga.
Perdana, K. (2020) “Band Management Esensi, Posisi dan Strategi”, Yayasan kita menulis/Medan.
Syarifudin (2019)“Citra Merek Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan”, Unimasl press Takengo/ Jl. Sulawesi No.1-2 Kampus Bukit Indah Lhokseumawe 24351.
Salim, E. (2023) “Optimalisati Minat Kunjungan Destinasi Wisatawan”Cv. Ginta Lentera Kota Padang/Jln. Permata hijau regency blok F/1 kelurahan Pisang kecamatan Pauh.
Wahyu, P. ddk (2022) “Kualitatif, Kuantitatif Dan Kombinasi”, Cv. Media Sains Indonesia Kota Bandung - Jawa Barat Melong Asih Regency B40
Faldi, R. (2021) “Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka”
Faoziyah, F. ddk (2022) “Pengaruh Harga dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisata Mangrove Pandasari”, Jurnal Kewarganegaraan Vol. 6 No.2
Faradina, W. (2024) “Pengaruh Daya Tarik Wisatawan Terhadap Minat berkunjung Di Desa Wisata Sriharjo Kabupaten Bantul”, Slema.
Kong, F. & Salim, S (2024) “Pengaruh Media Sosial Instagram, Citra Merek, dan Variasi Menu Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Restoran Wowrung.id Medan”Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi Digital, ublikasi oleh: Yayasan Literasi Emas Nusantara Volume 1.
Kusworo, E. (2024) “Meningkatkan Minat Kunjungan Ulang Melalui Empati Peran Mediasi Kepuasan Pelanggan Dan Citra”, Jurnal Pijar Studi Manajemen dan Bisnis Vol. 2 No. 3
Paryogi, A. ddk (2024) “Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif: Suatu Telaah”, Jurnal Multidisiplin Ilmu Nasional Vol, 1 No. 2
Putri, A. (2023) “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Kunjung Kembali Di Restoran Kaizen Bbq Grill & Shabu-Shabu Surabaya Dengan Customer Experience Sebagai Variabel Mediasi”, Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol. 9, No. 1, Maret 2023, 46–54.
Susanto, P. ddk (2024) “Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka”, Jurnal Multi Ilmu Multidispilin Vol. 3 No. 1
Saefuddin, T. ddk (2023) “Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka)”, Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Volume 08 Nomor 03
Suhardi & Irmayanti (2020) “Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen”, Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, Vol 3, (1), 2019, 53-62
Tjandra, dkk. (2024). Analisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Berkunjung Ke Namu Coffee Duta Mas, Jelambar. Nawasena: Jurnal Ilmiah Pariwisata, Vol. 3 No. 2.
Yandi, A. ddk (2023) “Faktor-Faktor Yang Mempengarui Minat Kunjungan Wisatawan (Literature Review”, Jurnal Kewira Usahaan Dan Multi Talenta Vol. 1, No. 1
Zalukhu, Y. ddk (2024) “Pengaruh Brand Awareness dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Butik Perhiasan Emas Sararaholi Gunungsitoli”, Jurnal Publikasi Manajemen Informatika (JUPUMI)Volume 3, Nomor. 3
Zailani, A. (2022) “Hubungan Efektivitas Iklan Televisi Dan Citra Merek Kopi White Coffee Pada Minat Beli Masyarakat Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Karanganyar”, Jurnal Economina Volume 1, Nomor. 2