Analisis Penyebab Terjadinya Keterlambatan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar Dikelas VI SDN 112312 Simpang Empat

Main Article Content

Desi Tamala
Fajar Sidik Siregar
Eva Betty Simanjuntak
Dody Feliks P. Ambarita
Yusra Nasution

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tempat atau lokasi penelitian adalah di SDN 112312 Simpang Empat, Jl.Besar Simpang Empat Dusun 1. Penelitian akan dilakukan pada bulan Oktober 2024. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa Sekolah Dasar di kelas VI SDN 112312 Simpang Empat beserta wali kelasnya.  Obyek dalam penelitian ini yaitu penyebab terjadinya keterlambatan membaca pada siswa sekolah dasar.. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi Pustaka serta dokumentasi. Teknik analisis data yaitu data reduction, data display, Conclusion Drawing and Verification. Berdasarkan hasil dan analisis dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa keterlambatan membaca pada siswa kelas VI di SDN 112312 Simpang Empat disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor, yaitu rendahnya kemampuan fonemik dan dekoding, kurangnya pendampingan di rumah, rendahnya minat serta motivasi membaca, pengaruh lingkungan digital yang mengalihkan perhatian siswa dari aktivitas literasi, serta aspek psikologis seperti rasa malu dan takut diejek saat membaca di depan umum. Selain itu, keterbatasan program khusus dari sekolah dan waktu belajar yang terbatas juga menjadi faktor keterlambatan membaca. Meskipun guru telah menerapkan metode interaktif dan memberikan perhatian individual, pendekatan ini belum sepenuhnya efektif tanpa adanya sinergi yang kuat antara pihak sekolah dan orang tua. Dengan demikian, penyebab keterlambatan membaca tidak bersifat tunggal, melainkan multidimensional dan memerlukan penanganan yang terpadu dari berbagai pihak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tamala, D., Fajar Sidik Siregar, Eva Betty Simanjuntak, Dody Feliks P. Ambarita, & Yusra Nasution. (2025). Analisis Penyebab Terjadinya Keterlambatan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar Dikelas VI SDN 112312 Simpang Empat. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(4), 6583–6594. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i4.9576
Section
Articles