Peningkatkan Kedisplinan Siswa Dalam Pembelajaran Di Kelas IV SD Negeri 060800 Medan Melalui Penerapan Sistem Reward Dan Punishment
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran kedisiplinan dengan menerapkan model Reward and Punishment di Kelas IV SD Negeri 060800 Medan. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Stephen Kemmis dan Robin McTaggart untuk prosedurnya. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik dan instrumen penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kedisiplinan siswa kelas V IV SD Negeri 060800 Medan pada siklus 1 sebesar 72,58% dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan dengan hasil kedisiplinan mencapai 90,73%. Hal ini sejalan dengan pandangan Purwanto (2006) yang menyatakan bahwa ada empat unsur utama mengenai kedisiplinan, antara lain: pertama, peraturan sebagai pedoman atau acuan berperilaku. Kedua, hukuman atas pelanggaran peraturan yang telah ditetapkan. Ketiga, penghargaan atas perilaku yang sesuai dengan peraturan yang telah dibuat atau ditetapkan sebelumnya. dan keempat harus konsisten dengan peraturan yang telah ditetapkan dan metode yang telah diterapkan dalam mengajarkan dan melaksanakannya, sehingga kedisiplinan siswa kelas IV SD Negeri 060800 Medan meningkat dengan diterapkannya pemberian penghargaan dan hukuman.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.