Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka PAUD di Era Digital
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di era digital. Penelitian menggunakan metode studi pustaka dengan mengkaji artikel ilmiah, buku, dan dokumen kebijakan pemerintah terkait Kurikulum Merdeka pada PAUD yang terbit antara tahun 2020-2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen Kurikulum Merdeka PAUD di era digital menghadapi beberapa tantangan meliputi: 1) Keterbatasan infrastruktur digital di banyak lembaga PAUD, 2) Kemampuan literasi digital pendidik PAUD yang beragam, 3) Kebutuhan adaptasi kurikulum yang menyeimbangkan pembelajaran digital dengan kegiatan yang sesuai perkembangan anak. Implementasi tersebut membutuhkan manajemen terpadu mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga evaluasi kurikulum yang mengintegrasikan unsur digital namun tetap memperhatikan kesesuaian perkembangan. Integrasi teknologi digital dalam Kurikulum Merdeka meningkatkan fleksibilitas pembelajaran, personalisasi pengalaman belajar, dan persiapan anak menghadapi kewarganegaraan digital. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kapasitas pendidik PAUD dalam pedagogi digital, pengembangan infrastruktur digital berkelanjutan, dan penciptaan jaringan kolaboratif antar pemangku kepentingan untuk mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka di era digital.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.