Implementasi Tema Suara Demokrasi Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Jenjang Sekolah Menengah Atas: Literature Review
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau pelaksanaan tema “Suara Demokrasi” dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 3 Padang. Demokrasi sebagai salah satu nilai utama dalam Profil Pelajar Pancasila mempunyai peran penting untuk menciptakan warga negara yang aktif dan bertanggung jawab. Metode yang digunakan adalah literature review dengan pendekatan PRISMA, menelaah empat artikel utama yang relevan. Hasil kajian memperoleh bahwa implementasi tema demokrasi memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan partisipasi peserta didik, keterampilan berpikir kritis, dan kesadaran berdemokrasi. Namun, tantangan seperti rendahnya keterlibatan peserta didik, keterbatasan waktu, dan kurangnya kesiapan guru masih menjadi hambatan utama. Oleh karena itu, dukungan teknis dan pelatihan guru menjadi faktor kunci dalam mengoptimalkan pelaksanaan tema ini. Kajian ini memberikan gambaran penting bagi sekolah dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan efektivitas P5 berbasis tema demokrasi serta memberikan arah bagi penelitian lanjutan di masa mendatang.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.