Manajemen Strategik untuk Akuntan: Posisi Strategis
Main Article Content
Abstract
Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks dan kompetitif, posisi strategis menjadi kunci utama dalam menentukan keberhasilan organisasi. Posisi strategis melibatkan melibatkan analisis mendalam terhadap faktor eksternal dan internal yang memengaruhi daya saing perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas posisi strategis dan alat yang digunakan untuk menganalisis posisi tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi literatur, yang mengacu pada berbagai sumber terpercaya, seperti jurnal akademik, buku referensi, dan publikasi lain yang relevan dengan konsep posisi strategis dalam manajemen strategik untuk akuntan. Analisis SWOT dan Porter’s Five Forces Model merupakan alat penting dalam memahami posisi strategis perusahaan dalam industri. Analisis SWOT membantu organisasi mengidentifikasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) secara sistematis, yang kemudian digunakan untuk merumuskan strategi yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan. Sementara itu, Porter’s Five Forces Model menawarkan pendekatan yang lebih mendalam dalam menganalisis dinamika persaingan industri. Diharapkan kepada akuntan untuk memahami posisi strategis demi menignkatkan laba dan kemajuan perusahaan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.