Pelaksanaan Program Literasi Berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SD Negeri 127 Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program literasi berbasis proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SD Negeri 127 Palembang dan mengetahui kendala dan solusi pelaksanaan program literasi berbasis proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SD Negeri 127 Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan fenomenologi dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian yaitu Wali Kelas V, Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Guru, dan Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data ialah reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program literasi berbasis proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SD Negeri 127 Palembang berjalan dengan baik. Hasil peneliti dilihat pada pelaksanaan program literasi berbasis proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SD Negeri 127 Palembang memperlihatkan indikator dari pelaksanaan yaitu koordinasi, motivasi, komunikasi, dan pengarahan. Adapun kendalanya yaitu menimbulkan rasa bosan dan lelah pada siswa. Adapun solusinya yaitu kerja sama antar tim dengan baik dan lingkungan belajar.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.