Implementasi Pendidikan Inklusif Terhadap Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di TK Al Atfal Qusqazah

Main Article Content

Dina Rotua Sitanggang
Mei Lastri E.F. Butar Butar
Endang Junita Sinaga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan inklusif terhadap pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK) di TK Al Atfal Qusqazah. Pendidikan inklusif merupakan pendekatan yang memungkinkan ABK belajar bersama dengan anak lainnya dalam satu lingkungan pendidikan yang sama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan inklusif di TK Al Atfal Qusqazah telah dilakukan dengan berbagai strategi, seperti pelatihan guru, adaptasi kurikulum, fasilitas yang aksesibel, manajemen sekolah dan kolaborasi dengan orang tua. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya, seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya pelatihan bagi tenaga pendidik, dan tingkat penerimaan yang bervariasi dari peserta didik lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan inklusif di TK Al Atfal Qusqazah telah memberikan dampak positif terhadap perkembangan ABK, terutama dalam aspek sosial dan akademik. Diperlukan dukungan lebih lanjut dari berbagai pihak, seperti guru, orang tua, dan pemerintah, agar implementasi pendidikan inklusif dapat berjalan lebih optimal.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sitanggang, D. R., Mei Lastri E.F. Butar Butar, & Endang Junita Sinaga. (2025). Implementasi Pendidikan Inklusif Terhadap Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di TK Al Atfal Qusqazah. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(3), 4930–4934. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i3.8996
Section
Articles