Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mutiara Balige Tahun Ajaran 2024/2025
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap kemandirian anak usia 5–6 tahun di TK Mutiara Balige. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experiment. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak usia 5–6 tahun yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok B Ros sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B Anggrek sebagai kelompok kontrol. Uji hipotesis dilakukan menggunakan independent sample t-test dengan bantuan perangkat lunak Microsoft Excel dan SPSS versi 22. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberi perlakuan. Uji normalitas menunjukkan nilai signifikansi 0,135–0,200 > 0,05, dan uji homogenitas dengan Levene Test menghasilkan nilai signifikansi antara 0,566–0,594 > 0,05. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung = 8,047 > ttabel = 2,000 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti metode role playing berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian anak usia 5–6 tahun. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode role playing berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kemandirian anak usia 5–6 tahun di TK Mutiara Balige.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.