Implementasi Metode Case Based Learning dalam Pembelajaran Maharah Kalam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Masih banyak guru yang belum menerapkan model pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode Case Based Learning di SMA IT Darul Ikhlas Pagaralam. Penelitian ini menggunakan metode Mixed Method dengan data kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian Mixed Method adalah metode penelitian yang pengaplikasiannya menyangkut kombinasi antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian. Hasil uji T menunjukkan bahwa data yang diperoleh signifikan (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Selain itu, penerapan metode ini juga meningkatkan semangat siswa dalam belajar bahasa Arab, yang terlihat dari peningkatan proses pembelajaran setelah metode ini diterapkan.. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Case Based Learning (CBL) dalam pembelajaran kalam di SMA IT Darul Ikhlas dapat meningkatkan semangat dan efektivitas belajar siswa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.