Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SD
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran kooperatif merupakan pendekatan pengajaran di mana siswa bekerja bersama dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan belajar yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengembangan model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan Studi literatur yang meliputi identifikasi terhadap berbagai model kooperatif yang mampu meningkatkan keterampilan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif yang terencana dengan baik dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa secara signifikan. Model-model pembelajaran kooperatif tersebut diantaranya STAD, jigsaw, TGT. Dalam pembelajaran kooperatif guru tidak hanya meningkatkan pengetahuan siswa saja tetapi mempersiapkan keterampilan sosial siswa untuk masa yang akan datang.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.