Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas (SMA) ‘Aisyiyah 1 Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis mengenai pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah menengah atas (SMA) ‘Aisyiyah 1 Palembang. Latar belakang penelitian ini fokus pada bagaimana pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan serta kendala yang ada dalam pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah menengah atas (SMA) ’Aisyiyah 1 Palembang sudah dilakukan dengan baik hal ini dilihat dari indikator pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan yaitu ketersediaan, kualitas, perawatan, dan penggunaan yang ada dan sudah dilakukan, meskipun masih terdapat kendala yang perlu diatasi, serta beberapa hal yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi dalam kegiatan pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah menengah atas (SMA) ’Aisyiyah 1 Palembang. Untuk itu penelitian ini penting dalam pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan guna mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.