Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literatur Review

Main Article Content

Duni Ayu
Heffi Alberida
Fitri Olivia Rahmi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan tinjauan pustaka yang lebih mendalam mengenai pengaruh model discovery learning terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran biologi. Tinjauan ini mencakup artikel yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir (2019-2024). Proses pencarian artikel yang relevan dilakukan melalui basis data ERIC dan Google Scholar dengan menggunakan kata kunci "discovery learning" dan "kemampuan berpikir kritis". Hasil tinjauan ini menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik secara signifikan dalam konteks pembelajaran biologi. Model ini mendorong peserta didik untuk berperan aktif dalam proses belajar dengan cara mengeksplorasi dan menemukan konsep sendiri, sehingga dapat memperdalam pemahaman serta meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Selain itu, discovery learning juga berkontribusi dalam pengembangan keterampilan analitis serta kemampuan peserta didik dalam menggeneralisasi konsep yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil tinjauan ini, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, khususnya dalam pembelajaran biologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ayu, D., Heffi Alberida, & Fitri Olivia Rahmi. (2025). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literatur Review. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(3), 4661–4674. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i3.8722
Section
Articles