Penerapan Prosedur Newman Untuk Mengidentifikasi Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Grup Siklik Pada Struktur Aljabar
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan berbagai jenis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal struktur aljabar, khususnya pada pokok bahasan grup siklik, dengan menggunakan prosedur Newman. Penelitian ini mengadopsi metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari lembar jawaban 10 mahasiswa, yang kemudian dianalisis untuk diidentifikasi dan dihitung persentase jenis kesalahan yang mereka lakukan dalam menjawab soal yang diberikan. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan tes. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal Struktur Aljabar mengenai Grup Siklik, menggunakan prosedur Newman, mengungkapkan lima jenis kesalahan, yaitu: kesalahan dalam membaca sebesar 10%, kesalahan dalam memahami 10%, kesalahan transformasi 20%, kesalahan proses 40%, dan kesalahan pada jawaban akhir juga sebesar 40%.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.