Sumber Arsip Online untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Methodologis Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNM
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan sumber arsip online dalam meningkatkan kemampuan berpikir metodologis mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Makassar (UNM). Penelitian ini melibatkan 76 mahasiswa yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (38 mahasiswa) yang menggunakan modul pembelajaran berbasis arsip online dan kelompok kontrol (38 mahasiswa) yang mengikuti pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, wawancara semi-terstruktur, dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan skor rata-rata post-test sebesar 25%, sementara kelompok kontrol hanya meningkat 10%. Peningkatan ini terlihat dalam tiga aspek utama berpikir metodologis, yaitu sourcing (mengidentifikasi sumber), contextualization (memahami konteks), dan corroboration (membandingkan sumber). Selain itu, 90% mahasiswa menyatakan bahwa pembelajaran berbasis arsip online lebih menarik dan interaktif. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur internet (40%) dan kebutuhan pelatihan literasi digital yang lebih mendalam (30%) perlu diatasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan sumber arsip online efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir metodologis dan motivasi mahasiswa, serta merekomendasikan integrasi modul pembelajaran ke dalam kurikulum, peningkatan infrastruktur, dan pelatihan literasi digital yang lebih komprehensif.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.