Faktor Determinan Kepuasan End-User Sistem Informasi Akuntansi Pada PT Jasamarga Tollroad Operator Ruas Solo-Ngawi
Main Article Content
Abstract
PT Jasamarga Solo-Ngawi telah menerapkan aplikasi ERP-berbasis sistem akuntansi bertujuan membantu kelancaran tugas para pengguna sistem sehingga mereka akan merasa puas menggunakan sistem tersebut yang akan berkontribusi positif pada kinerja perusahaan. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini, penerapan ERP di Jasamarga masih terkendala oleh faktor software, hardware dan rendahnya persepsi kebermanfaatan para pengguna sistem. Tujuan penelitian, (1) untuk menganalisis pengaruh kualitas sistem informasi, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan end-user SIA. (2) untuk menganalisis pengaruh kualitas sistem informasi, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan end-user SIA yang dimoderasi perceived usefulness. Populasi adalah seluruh karyawan PT Jasamarga Tollroad Operator Ruas Solo-Ngawi dengan jumlah 173 orang, jumlah 113 orang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi moderating dengan pendekatan uji selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukkan (1) kualitas sistem informasi, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan end-user SIA. (2) Perceived usefulness dapat memoderasi pengaruh kualitas sistem informasi terhadap kepuasan end-user SIA; perceived usefulness dapat memoderasi pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan end-user; sedangkan perceived usefulness tidak dapat memoderasi pengaruh kualitas informasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan end-user SIA.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.