Pelaksanaan program projek penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka belajar di kelas IV tema kewirausahaan SDN 102 Palembang
Main Article Content
Abstract
Peneliti ini berjudul “Pelaksanaan program projek penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka belajar di kelas IV tema kewirausahaan SDN 102 Palembang”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelaksanaan program projek penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka belajar di kelas IV tema kewirausahaan SDN 102 Palembang dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Pelaksanaan program projek penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka belajar di kelas IV tema kewirausahaan SDN 102 Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwah Pelaksanaan program projek penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka belajar di kelas IV tema kewirausahaan SDN 102 Palembang sudah berjalan dengan baik. Hasil penelitian ini dapat dilihat dalam pelaksanaan program projek penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka belajar di kelas IV tema kewirausahaan SDN 102 Palembang dengan adanya koordinasi dalam pelaksanaan program P5, adanya motivasisi dalam pelaksanaan program P5, adanya komunikasi dalam pelaksanaan program P5, dan pengarahan dama pelaksanaan program P5. Adapun faktor pendukungnya yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai, SDM yang terlatih dan partisipasi orang tua. Adapun faktor penghambatnya yaitu ketrbatasan dana dan keterbatasan waktu.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.