Evaluasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Grup Pada Pemebelajaran Struktur Aljabar
Main Article Content
Abstract
Struktur Aljabar, khususnya teori grup, memiliki banyak aplikasi dalam matematika, tetapi mahasiswa sering kesulitan memahami konsep ini, terutama dalam pembuktian matematis, penggunaan definisi, dan penerapannya. Faktor utama penyebab kesulitan termasuk lemahnya penalaran matematis, kurangnya keterampilan membaca soal, dan minimnya eksplorasi konsep secara mandiri. Miskonsepsi tentang elemen identitas, invers, dan isomorfisme grup juga sering terjadi. Selain itu, metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif menjadi hambatan dalam pemahaman mahasiswa.Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menganalisis tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam memahami teori grup serta strategi pembelajaran yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif, metode eksplorasi konsep, diskusi kelompok, dan teknologi dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa. Evaluasi berkelanjutan, latihan soal terstruktur, serta bimbingan akademik yang intensif juga berkontribusi dalam memperbaiki pemahaman. Dengan strategi pembelajaran yang lebih efektif, mahasiswa diharapkan dapat menguasai teori grup dan mengaplikasikannya dalam berbagai bidang ilmu.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.