Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Materi Persamaan Kuadrat: Suatu Eksperimentasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano

Main Article Content

Anselmus Deppong
Jorry Ferry Monoarfa
Ermita Ermita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat antara siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan open-ended dan yang diajarkan dengan pendekatan teacher-centered di SMA Negeri 2 Tondano. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi dengan kelompok eksperimen dan kontrol, yang masing-masing terdiri dari 18 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis yang terdiri dari pretest dan posttest. Pembelajaran pada kelompok eksperimen dilakukan dengan pendekatan open-ended, yang memberi kesempatan bagi siswa untuk menemukan berbagai cara penyelesaian masalah, sedangkan kelompok kontrol menggunakan pendekatan teacher-centered. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang mengukur pemahaman siswa terhadap materi persamaan kuadrat. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan open-ended dan yang diajarkan dengan pendekatan teacher-centered. Rata-rata nilai posttest untuk kelompok eksperimen adalah 81,67, sementara kelompok kontrol 75,83. Uji Independent Sample T-Test menunjukkan p-value < 0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Pembahasan menunjukkan bahwa pendekatan open-ended lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa serta membantu mereka memahami konsep matematika lebih mendalam. Kesimpulannya, pendekatan open-ended terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat dibandingkan dengan pendekatan teacher-centered. Penelitian ini menyarankan agar guru matematika menerapkan pendekatan open-ended dalam pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anselmus Deppong, Jorry Ferry Monoarfa, & Ermita, E. (2025). Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Materi Persamaan Kuadrat: Suatu Eksperimentasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(3), 3706–3716. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i3.8323
Section
Articles