Pelaksanaan Direct Marketing Jasa Pendidikan di SMP Negeri 1 Tanjung Lago
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Direct Marketing Jasa Pendidikan di SMP Negeri 1 Tanjung Lago” Adapun tujuan dan kegunaan penelitian ini menganalisis bagaimana pelaksanaan Direct Marketing Jasa Pendidikan di SMP Negeri 1 Tanjung Lago serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Direct Marketing Jasa Pendidikan di SMP Negeri 1 Tanjung Lago.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deksriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian yaitu Kepala sekolah, Waka kesiswaan dan Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Direct Marketing Jasa Pendidikan di SMP Negeri 1 Tanjung Lago ini sudah terlaksana dengan baik, hal ini terlihat dengan adanya pemberian Pengarahan, kooordinasi, Motivasi, dan komunikasi pada pelaksanaan Direct Marketing Jasa Pendidikan di SMP Negeri 1 Tanjung Lago. Dan merupakan tugas kepala sekolah untuk melakukan pengawasan terhadap guru-guru dan pegawai sekolahnya, kegiatan pemasaran langsung ini mempunyai beragam macam mulai dari pemasaran langsung ke sekolah-sekolah ataupun open house. Disini juga kepala sekolah memberikan jalan keluar bagi permasalahan yang dihadapi serta berusaha mempertinggi semangat bekerja diantara bawahannya. Adapun Faktor yang mempengaruhi pelaksanan direct marketing di SMP Negeri 1 Tanjung Lago terdiri dari faktor pendukung yaitu dukungan dari kepala sekolah, kerjasama antar guru dan tim serta prinsip kekeluargaan agar lebih baik dalam melakukan pelaksanaan tersebut, faktor penghambat dalam Pelaksanaan direct marketing di SMP Negeri 1 Tanjung Lago adalah persaingan antar-sekolah negeri dan swasta yang menjadi tantangan. Meski tidak menetapkan biaya pendidikan yang tinggi sekolah negeri sering kali dibandingkan dengan sekolah swasta yang menawarkan program unggulan seperti kelas bilingual, fasilitas teknologi canggih, atau program ekstrakurikuler yang beragam.
Adapun Kesimpulan dalam penelitian ini adalah telah dilaksanakan pelaksanaan Direct Marketing Jasa Pendidikan di SMP Negeri 1 Tanjung Lago dengan baik. Diharapkan kepada pihak sekolah agar selalu meningkatkan Kerjasama dalam pelaksanaan Direct Marketing Jasa Pendidikan ini agar dapat terus berkembang dan dapat menarik banyak siswa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.