Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik di SD Negeri 13 Muara Kuang Ogan Ilir
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SD Negeri 13 Muara Kuang Ogan Ilir dan juga mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SD Negeri 13 Muara Kuang Ogan Ilir , Karakter disiplin merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan kepribadian peserta didik yang dapat berpengaruh terhadap keberhasilan akademik maupun kehidupan sosial mereka.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas pembina Pramuka, kepala sekolah, staf guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Pramuka di SD Negeri 13 Muara Kuang ini telah berjalan dengan baik dilaksanakan secara rutin dengan berbagai aktivitas seperti, baris-berbaris, tali-temali, materi dikelas serta permainan edukatif. Kegiatan-kegiatan tersebut memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai kedisiplinan, seperti tepat waktu, menaati aturan, bertanggung jawab, dan bekerja sama dalam tim. Selain itu, dukungan dari pembina dan pihak sekolah juga berperan penting dalam membentuk karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan Pramuka. Namun terdapat pula Faktor penghambat yaitu seperti keterbatasan fasilitas yang belum sepenuhnya memadai, kurangnya dukungan dari sebagian orang tua, serta keterbatasan waktu dan tenaga pembina yang menjadi tantangan tersendiri dalam pelaksanaan kegiatan pramuka di SD Negeri 13 Muara Kuang
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.