Pelaksanaan Klasifikasi Bahan Pustaka Di Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai pelaksanaan klasifikasi bahan pustaka di perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Mar’fuah Palembang. Latar belakang dari penelitian ini mengenai permasalahan yaitu perpustakaan sekolah masih belum maksimal dalam hal pelaksanaan klasifikasi bahan pustaka yang ada. Terdapat beberapa bahan pustaka belum mendapat perhatian dalam hal pelaksanaan klasifikasi sehingga belum dapat digunakan sebagaimana fungsinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan klasifikasi bahan pustaka di perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Mar’fuah Palembang sudah berjalan dengan baik hal ini dilihat dari indikator pelaksanaan klasifikasi bahan pustaka yaitu pengarahan, koordinasi, komunikasi, dan motivasi yang sudah dilakukan, meskipun masih terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, serta beberapa hal yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi. dalam kegiatan pelaksanaan klasifikasi bahan pustaka tersebut. Untuk itu penelitian ini penting guna menunjang adanya peningkatan dalam pelaksanaan klasifikasi bahan pustaka demi mencapai tujuan yang direncanakan sebelumnya.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.