Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Di Era Society 5.0

Main Article Content

Munawir
Uswatun Khasanah Arif
Aldaniah Zahrotul Aulia
Sheifi Zahrotul Isti’anah

Abstract

Era Society 5.0 merupakan sebuah konsep yang berasal dari Jepang, yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang harmonis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan inovasi. Perkembangan zaman yang terjadi dapat berdampak pada karakter peserta didik. Dalam beberapa kasus, karakter peserta didik dapat mengalami penurunan karena adanya perkembangan zaman. Karakter adalah nilai-nilai yang terpatri dalam diri seseorang melalui kebiasaan dan pengalaman hidup, yang membentuk cara berpikir, bertindak, dan berinteraksi dengan lingkungan. Penelitian   ini   menggunakan   penelitian   kualitatif   dengan   pendekatan   studi   kepustakaan. Metode dilaksanakan  dengan  menggali sumber yang dijadikan pembahasan misalnya  sumber yang menjadi teori selanjutnya  dianalisis dan ambil kesimpulan berdasarkan dengan rumusan  permasalahan  yang  diteliti. Peran  guru sebagai pendidik yaitu peran-peran yang  berhubungan  dengan  tugas-tugas  pemberian bimbingan  dan  dorongan,  tugas -tugas  pengawasan  dan  pembinaan  serta tugas-tugas yang berkenaan dengan mendisiplinkan siswa supaya mengikuti setiap peraturan di sekolah dan setiap norma yang ada di keluarga dan di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Munawir, Khasanah Arif, U., Aldaniah Zahrotul Aulia, & Sheifi Zahrotul Isti’anah. (2025). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Di Era Society 5.0. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(3), 3825–3830. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i3.8116
Section
Articles