Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Di Era Society 5.0
Main Article Content
Abstract
Era Society 5.0 merupakan sebuah konsep yang berasal dari Jepang, yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang harmonis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan inovasi. Perkembangan zaman yang terjadi dapat berdampak pada karakter peserta didik. Dalam beberapa kasus, karakter peserta didik dapat mengalami penurunan karena adanya perkembangan zaman. Karakter adalah nilai-nilai yang terpatri dalam diri seseorang melalui kebiasaan dan pengalaman hidup, yang membentuk cara berpikir, bertindak, dan berinteraksi dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Metode dilaksanakan dengan menggali sumber yang dijadikan pembahasan misalnya sumber yang menjadi teori selanjutnya dianalisis dan ambil kesimpulan berdasarkan dengan rumusan permasalahan yang diteliti. Peran guru sebagai pendidik yaitu peran-peran yang berhubungan dengan tugas-tugas pemberian bimbingan dan dorongan, tugas -tugas pengawasan dan pembinaan serta tugas-tugas yang berkenaan dengan mendisiplinkan siswa supaya mengikuti setiap peraturan di sekolah dan setiap norma yang ada di keluarga dan di masyarakat.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.