Implemetasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah

Main Article Content

Noveriyanto Noveriyanto

Abstract

Integrasi nilai-nilai Al-Qur'an dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam merupakan upaya strategis untuk menciptakan pembelajaran yang holistik dan relevan dengan kebutuhan era modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, implementasi, serta tantangan dalam integrasi nilai-nilai Al-Qur'an di kurikulum Pendidikan Agama Islam pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode studi kasus di beberapa SMA yang menerapkan integrasi tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru, observasi proses pembelajaran, dan analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Al-Qur'an dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang hubungan antara agama dan ilmu pengetahuan. Pendekatan ini tidak hanya memperkuat aspek spiritual, tetapi juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mengaplikasikan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan kompetensi guru, ketersediaan bahan ajar yang memadai, dan resistensi dari sebagian pihak terhadap konsep integrasi ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai- nilai Al-Qur'an memiliki potensi besar untuk memperkaya kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA. Dukungan berupa pelatihan guru, pengembangan materi ajar, dan kolaborasi antara pendidik dan ahli sains diperlukan untuk mengoptimalkan implementasi integrasi ini. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pendekatan holistik dalam pendidikan agama untuk mencetak generasi yang beriman, berilmu, dan berintegritas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Noveriyanto, N. (2025). Implemetasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 2677–2682. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i2.7949
Section
Articles