Penerapan Standar Pelayanan Pada Program Pelayanan Statistik Terpadu di Badan Pusat Statistik Kota Surabaya

Main Article Content

Hijri Fayza Shafa

Abstract

Setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menetapkan standar pelayanan sebagai pedoman. Badan Pusat Statistik merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik memalui program pelayanan statistik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan standar pelayanan pada program pelayanan statistik terpadu di Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis standar pelayanan dalam pelaksanaan pelayanan statistik terpadu. Adapun informan yang ditentukan adalah petugas PST. Proses pengumpulan data dilakukan wawancara, observasi serta dokumen. Teknik Analisis data dilakukan pendekatan interaktif, reduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerepan standar pelayanan pada program pelayanan statistik terpadu terlaksana dengan baik dan sesuai dengan pedoman standar pelayanan dari berbagai komponen yang meliputi; persyaratan, sistem mekanisme dan prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya pelayanan, sarana prasarana dan fasilitas, serta penanganan pengaduan, saran dan masukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hijri Fayza Shafa. (2025). Penerapan Standar Pelayanan Pada Program Pelayanan Statistik Terpadu di Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 3180–3189. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i2.7815
Section
Articles