Pengaruh Advertising Awareness dan Direct Marketing Terhadap Brand Awareness Mahasiswa Baru Dalam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar

Main Article Content

Endry Suwiryo Sidarta
Michael Wira Wanga
Felicia Kohar
Tony Antonio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh advertising awareness dan direct marketing terhadap brand awareness di STIE Ciputra Makassar, dengan mempertimbangkan tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan pengumpulan data melalui survei yang melibatkan 119 mahasiswa generasi pertama STIE Ciputra Makassar. Analisis data dilakukan menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa advertising awareness memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap brand awareness (nilai t-statistik = 3.899, p < 0.05), sedangkan direct marketing juga menunjukkan pengaruh positif yang signifikan (nilai t-statistik = 5.926, p < 0.05). Secara keseluruhan, kedua variabel ini menjelaskan 48,9% variansi pada brand awareness. Temuan ini menegaskan pentingnya sinergi antara strategi pemasaran digital dan pendekatan langsung dalam meningkatkan kesadaran merek universitas di kalangan calon mahasiswa baru, terutama di tengah krisis global. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis pada literatur pemasaran pendidikan tinggi serta memberikan wawasan praktis bagi institusi pendidikan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif. Untuk mencapai hasil yang lebih optimal di masa depan, disarankan untuk melakukan evaluasi berkala dan mengintegrasikan data antara kampanye digital dan pemasaran langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Endry Suwiryo Sidarta, Michael Wira Wanga, Felicia Kohar, & Tony Antonio. (2025). Pengaruh Advertising Awareness dan Direct Marketing Terhadap Brand Awareness Mahasiswa Baru Dalam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 2030–2036. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i2.7603
Section
Articles