Penerapan Alur Berpikir ‘Fadri’ Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah Citra Alam Yogyakarta

Main Article Content

Fadya Dwi Kundaryanti
Maria Margaretha
Ikhsanty Novita
Mita Aryana
Melynda Saputri
Taufik Muhtarom

Abstract

Alur berpikir merujuk pada proses sistematis yang melibatkan pengamatan, analisis, sintesis, dan refleksi dalam memahami suatu konsep atau menyelesaikan masalah. Pendekatan ini sangat relevan untuk diterapkan dalam lingkungan sekolah alam, yang pada dasarnya menekankan pada pembelajaran kontekstual berbasis pengalaman langsung. Pendidikan yang berbasis pada pengalaman langsung dan pemecahan masalah kini semakin mendapat perhatian dalam dunia pendidikan, khususnya di sekolah – sekolah alam. Dalam implementasinya belum semua kegiatan pembelajaran di sekolah alam dirancang untuk secara optimal mengembangkan alur berpikir siswa. Banyak pembelajaran masih berfokus pada aspek aktivitas fisik tanpa penguatan proses berpikir yang mendalam. Padahal, penerapan alur berpikir yang terstruktur dapat membantu siswa membangun pemahaman yang lebih bermakna, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, dan melatih kemandirian belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses alur berpikir FADRI dalam kegiatan pembelajaran di sekolah citra alam yogyakarta.Penelitian ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang berfokus pada metode studi literatur (literatur review). Hasil penelitian ini adalah penerapan alur berpikir FADRI dalam kegiatan pembelajaran di sekolah citra alam yogyakarta yang mana alur berpikir FADRI (Find Out, Analyze, Design Decide, Realize, Inspire) digunakan dalam proses pengembangan dan juga pemecahan masalah, alur berpikir FADRI dapat membantu peserta didik untuk memecahkan masalah dengan menganalisis dan mencari jalan keluarnya sendiri.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dwi Kundaryanti, F., Margaretha, M., Novita, I., Aryana, M., Saputri, M., & Muhtarom, T. (2025). Penerapan Alur Berpikir ‘Fadri’ Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah Citra Alam Yogyakarta. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 2725–2735. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i2.7459
Section
Articles