Strategi Efektif dalam Optimalisasi Soft Skills Siswa SMK untuk Kesiapan Kerja dan Daya Saing Global di Era Industri 4.0
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas strategi efektif dalam pengoptimalan soft skills siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai upaya meningkatkan kesiapan kerja dan daya saing di era Industri 4.0. Soft skills, seperti komunikasi, kerja sama tim, dan kepemimpinan, menjadi komponen penting yang mendukung kesuksesan individu di dunia kerja modern. Fokus penelitian ini adalah pada metode pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning), pelatihan praktik kerja industri (prakerin), dan kolaborasi dengan dunia industri sebagai sarana untuk memperkuat keterampilan interpersonal siswa. Studi ini menunjukkan bahwa pengalaman langsung di dunia kerja dan metode pembelajaran inovatif mampu meningkatkan kesiapan kerja siswa hingga 45%. Tantangan dalam implementasi strategi ini meliputi keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan guru, dan minimnya kolaborasi antara sekolah dan industri. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan revisi kurikulum untuk mengintegrasikan soft skills ke dalam semua mata pelajaran, pelatihan intensif untuk guru, serta peningkatan kemitraan dengan sektor industri. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia, sehingga lulusan SMK lebih siap bersaing di pasar kerja global.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.