Membentuk Generasi Peduli Lingkungan Melalui Model Pendidikan Lingkungan Hidup Disekolah Alam

Main Article Content

Erva Karimatunisa
Nur Annisa Salsabila
Nur Aziza
Pratiwi Ayu Retno Sari
Yuvitha Disha Maulidha
Taufik Muhtarom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana model pembelajaran lingkungan hidup di sekolah alam dapat membentuk generasi yang peduli terhadap lingkungan. Melalui studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai strategi pembelajaran yang unik, seperti pembelajaran langsung di alam, proyek berbasis lingkungan, dan penanaman nilai-nilai keberlanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman langsung, partisipasi aktif, dan penanaman nilai-nilai yang kuat secara bersama-sama berkontribusi pada pembentukan karakter peduli lingkungan pada siswa. Sekolah alam tidak hanya membekali siswa dengan pengetahuan tentang lingkungan, tetapi juga menumbuhkan empati, rasa tanggung jawab, dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi agen perubahan yang aktif dalam mengatasi tantangan lingkungan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Erva Karimatunisa, Nur Annisa Salsabila, Nur Aziza, Pratiwi Ayu Retno Sari, Yuvitha Disha Maulidha, & Taufik Muhtarom. (2025). Membentuk Generasi Peduli Lingkungan Melalui Model Pendidikan Lingkungan Hidup Disekolah Alam. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 2546–2553. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i2.7257
Section
Articles