Menciptakan Generasi Peduli Lingkungan Melalui Pendidikan di Sekolah Alam Dengan Metode Experiential Learning (Belajar melalui Pengalaman) Di SD IT Alam Nurul Islam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi experiential learning sebagai metode pembelajaran yang berfokus pada pengalaman langsung dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan observasi. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung terhadap proses pembelajaran di kelas, yang melibatkan siswa sebagai subjek utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential learning di sekolah alam mampu meningkatkan partisipasi aktif, keterampilan pemecahan masalah, serta pemahaman konseptual siswa. Proses pembelajaran yang melibatkan pengalaman langsung memberikan dampak positif pada motivasi belajar dan kemampuan refleksi siswa. Studi ini memberikan wawasan baru tentang pentingnya penerapan experiential learning dalam konteks pendidikan, terutama dalam menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam mengembangkan metode pembelajaran berbasis pengalaman yang efektif.Siswa dapat mengembangkan kesadaran tentang keberadaan dan pentingnya menjaga lingkungan. Mereka akan belajar tentang pentingnya keberlanjutan, pelestarian alam, dan tanggung jawab mereka sebagai bagian dari ekosistem. Beberapa alasan mengapa mengenalkan lingkungan sekitar itu penting meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan,Membangun Rasa Cinta dan Peduli terhadap Alam, Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental, Pengalaman Belajar yang Menyenangkan, Mengembangkan Keterampilan Sosial dan Emosional. Pendekatan berbasis experiental learning ini berperan penting dalam Pendidikan Lingkungan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.