Meningkatkan Literasi Menulis Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Galungan

Main Article Content

I Gede Bayu Indrawan
Komang Surya Adnyana
I Made Ari Winangun

Abstract

Salah satu peran guru yang sangat penting adalah menciptakan proses pembelajaran yang bermutu, berkualitas dan menyenangkan. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui seberapa besar dampak peningkatan minat literasi siswa terhadap penggunaan media gambar. Meningkatkan kemampuan minat literasi siswa dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu : aktivitas siswa, aktivitas guru dan efektivitas proses pembelajaran, dan nilai hasil prestasi siswa . Teknik yang digunakan adalah dengan pendekatan penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data observasi, dan tes hasil belajar siswa. Perolehan data baik aktivitas siswa maupun nilai hasil literasi siswa pada siklus I dan II dalam penelitian tindakan kelas dapat ditafsirkan sebagai berikut; (1) Minat dan kemampuan siswa terhadap literasi sangat baik. (2) Media Gambar sangat membantu siswa dalam meningkatkan imajinasi berliterasi. (3) Siswa mampu menginterprestasikan literasi sederhana dengan cara mengkaitkan gambar seri yang diamatinya. (4) Siswa mampu mengkomunikasikan tulisannya berdasarkan hasil pengamatan kepada temannya maupun kepada guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
I Gede Bayu Indrawan, Komang Surya Adnyana, & I Made Ari Winangun. (2024). Meningkatkan Literasi Menulis Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Galungan. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1221–1231. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i1.7025
Section
Articles