Pengaruh Kompetensi Guru Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SDN 24 Biringere Sinjai
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi guru dan implementasi Kurikulum Merdeka terhadap prestasi belajar siswa di SDN 24 Biringere. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 47 siswa, dan data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor kompetensi guru sebesar 75,59 (kategori sedang) dengan kontribusi sebesar 53% terhadap prestasi belajar. Implementasi Kurikulum Merdeka memiliki rata-rata skor 65,23 (kategori sedang) dan memberikan kontribusi sebesar 34%. Secara simultan, kedua variabel memberikan kontribusi sebesar 57,8% terhadap prestasi belajar siswa, dengan rata-rata skor prestasi belajar sebesar 73,40 (kategori sedang). Uji F menunjukkan hubungan yang signifikan (Fhitung = 11,027; Ftabel = 3,150; p < 0,05). Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi guru dan penyediaan sumber daya untuk mengoptimalkan implementasi kurikulum. Hasil ini memberikan rekomendasi untuk strategi peningkatan kompetensi guru dan efektivitas penerapan Kurikulum Merdeka guna meningkatkan kualitas pendidikan dasar.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.