Urgensi Historical Thinking bagi Mahasiswa dalam Pembelajaran Sejarah
Main Article Content
Abstract
Berpikir historis merupakan keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran sejarah, khususnya bagi siswa yang mempelajari disiplin ilmu ini. Salah satu tantangan utama dalam pendidikan sejarah saat ini adalah kurangnya penguasaan keterampilan berpikir historis di kalangan siswa. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan urgensi keterampilan berpikir historis bagi siswa dalam mempelajari sejarah. Melalui pengembangan berpikir historis, siswa mampu mempelajari sejarah dengan cara yang lebih bermakna, serta memperoleh keterampilan analisis yang relevan dengan tantangan dunia modern. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka untuk menggambarkan pentingnya berpikir historis dalam pembelajaran sejarah dan memberikan rekomendasi strategis bagi para pendidik untuk mengintegrasikan konsep ini ke dalam pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan keterampilan berpikir historis dapat membantu siswa memahami sejarah sebagai disiplin ilmu yang dinamis dan relevan dengan kehidupan kontemporer, sehingga mendorong mereka untuk menjadi individu yang lebih kritis, reflektif, dan berkontribusi positif bagi masyarakat.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.