Program Keagamaan Bagi Siswa Di Sekolah Umum (Studi Kasus Di SMPN 10 Lahat)

Main Article Content

Yushinta Yushinta
Muhamad Alfansyah
Winda Trisnawati
Tri Utami
Bustanil Arifin

Abstract

Al-diniyah yang dimaknai dengan keagamaan, dengan memberikan bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam serta memiliki nilai-nilai agama Islam. Program diniyah adalah program yang menyelenggarakan pendidikan ilmu ilmu yang bersumber dari ajaran agama Islam. Pelaksanaan program diniyah di SMPN 10 Lahat adalah program diniyah yang menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang telah terancang untuk memberikan pembinaan berdasarkan ajaran Islam agar terbentuknya peserta didik yang cerdas akademik, terpuji akhlak, mandiri dan religius. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan  program diniyah  di SMPN 10 Lahat dalam  peningkatan pengamalan ajaran agama siswa di SMPN 10 Lahat dan faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pelaksanaan program diniyah. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif, dan data dikumpulkan dengan wawancara/interview, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara reduksi data (merangkum dan memilih hal hal pokok), penyajian data, verifikasi (penarikan kesimpulan) dan Triangulasi data (memeriksa keabsahan data dengan metode, sumber dan waktu yang berbeda). Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama,  Pelaksanaan program diniyah di SMPN 10 Lahat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pelaksanaan program diniyah di SMPN 10 Lahat telah tersusunnya kegiatan yang meliputi tempat, waktu, metode, pembiayaan, pendidik,  pelaksana, penanggung jawab dan sebagainya. Peningkatan pengamalan ajaran agama siswa setelah mengikuti program diniyah di SMPN 10 Lahat adalah cukup meningkatnya kesadaran siswa untuk menjalankan sholat lima waktu, menumbuhkan rasa cinta siswa pada Al Quran. meningkatnya sikap sopan dan santun siswa, meningkatnya semangat siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan dan meningkatnya kepedulian yang tinggi dalam masyarakat. Kedua, faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program diniyah di SMPN 10 Lahat adalah Fasilitas sekolah seperti kurangnya pencahayaan dan pendingin ruangan seperti kipas angin yang cukup agar siswa lebih merasa nyaman belajar di dalam kelas ketika mengikuti pelajaran tambahan keagamaan karena belajar pada siang hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yushinta, Y., Muhamad Alfansyah, Winda Trisnawati, Tri Utami, & Bustanil Arifin. (2024). Program Keagamaan Bagi Siswa Di Sekolah Umum (Studi Kasus Di SMPN 10 Lahat). PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(1), 114–121. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i1.6299
Section
Articles