Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Atas

Main Article Content

Wienda Gusta
Asma Alhusna
Pinta Medina

Abstract





Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa kelas XI SMK Negeri 8 Padang. Literasi digital menjadi salah satu kompetensi kunci dalam menghadapi perkembangan era digital, terutama bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dipersiapkan untuk dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 48 siswa sebagai sampel. Instrumen yang digunakan mencakup angket literasi digital serta tes berpikir kritis dan pemecahan masalah, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Siswa dengan tingkat literasi digital yang tinggi menunjukkan kemampuan lebih baik dalam menganalisis informasi, membuat keputusan logis, dan menyelesaikan masalah kompleks. Hal ini mengindikasikan bahwa literasi digital dapat menjadi faktor penting dalam mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini merekomendasikan agar sekolah meningkatkan program literasi digital melalui penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dan pelatihan bagi guru. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kurikulum yang mendukung penguasaan literasi digital, khususnya dalam konteks pendidikan vokasi.


 


 





Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Gusta, W., Alhusna, A., & Medina, P. (2024). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Atas. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(1), 7–19. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i1.6266
Section
Articles