Penerapan E-Modul Biologi Berbasis PBL Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI

Main Article Content

Nathania D. M. Wuisan
Ferny M. Tumbel
Danny Posumah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMA Negeri 2 Tareran didapati bahwa  kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 2 Tareran dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil penelitian siklus I  menunjukkan bahwa terdapat 5 siswa yang tuntas dengan persentase 25% sedangkan 15 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 75%. Dan pada saat pelaksanaan pembelajaran kegiatan siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas dengan persentase 85% sedangkan 3 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 3,58%. Sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 50% Kesimpulan dalam penelitian ini membuktikan bahwa penerapan e-modul berbasis problem-based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tareran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nathania D. M. Wuisan, Ferny M. Tumbel, & Danny Posumah. (2024). Penerapan E-Modul Biologi Berbasis PBL Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(1), 20–30. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i1.6204
Section
Articles