Perbedaan Impulsive Buying Pada Konsumen Dewasa Awal Ditinjau Dari Jenis Metode Pembayaran Non Tunai

Main Article Content

Nurul Fauziyah
Resekiani Mas Bakar
Andi Nasrawaty Hamid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan impulsive buying pada konsumen dewasa awal ditinjau dari jenis metode pembayaran non tunai. Jenis pembayaran non tunai dalam penelitian ini adalah pay later dan e-wallet. Partisipan dalam penelitian ini adalah perempuan (21-34 tahun), memiliki pendapatan per bulan, dan pernah melakukan belanja online dengan menggunakan pembayaran non tunai dalam bertransaksi (N = 30). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain between-participant design. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap impulsive buying dilihat dari jenis metode pembayaran non tunai. Nilai rerata impulsive buying pada kelompok pay later lebih tinggi dibandingkan kelompok e-wallet. Penelitian ini menunjukkan bahwa jenis pembayaran non tunai tidak memberikan pengaruh yang berbeda terhadap impulsive buying. Penelitian ini memberi kontribusi pada konsumen agar lebih cerdas dan berhati-hati ketika berbelanja.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurul Fauziyah, Resekiani Mas Bakar, & Andi Nasrawaty Hamid. (2022). Perbedaan Impulsive Buying Pada Konsumen Dewasa Awal Ditinjau Dari Jenis Metode Pembayaran Non Tunai. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(5), 479–487. https://doi.org/10.56799/peshum.v1i5.571
Section
Articles