Penggunaan Alat Peraga Kubus Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Main Article Content

Tuti Herawati

Abstract

Penelitian ini dengan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama tiga siklus, metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan pengamatan dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI, indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata kelas telah meperoleh nilai minimal 70.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan menentukan volum bangun ruang (balok dan kubus) mencapai rata-rata 64 pada siklus I, dan siklus II 85. Berdasarkan hasil tersebut, disimpukan bahwa penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tersebut. Dari hasil pengamatan juga dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas dalam pembelajaran.Saran, yang dapat disampaikan kepada guru kelas VI agar menggunakan alat peraga kubus satuan dalam mengajarkan materi menentukan volum bangun ruang, dan siswa kelas VI diharapkan berlatih dengan menggunakan alat peraga kubus satuan untuk mengerjakan soal-soal latihan menentukan volum bangun ruang sehingga memudahkan dalam menyelesaikan soal tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tuti Herawati. (2022). Penggunaan Alat Peraga Kubus Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(5), 443–453. https://doi.org/10.56799/peshum.v1i5.539
Section
Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.