Analisis Perilaku Impulsive Buying pada Pegawai PPNPN di PTN X Makassar yang Menggunakan E-Commerce
Main Article Content
Abstract
Abstract: Impulsive buying mengarah kepada perilaku yang didasarkan motif individu dalam membeli tanpa pertimbangan, dengan lebih mengutamakan emosi, dan saat ini ditunjang oleh keberadaan e-commerce. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran perilaku impulsive buying pada pegawai yang menggunakan e-commerce dan mengapa perilaku impulsive buying pada e-commerce dilakukan oleh pegawai PPNPN di PTN X Makassar, Metode penelitian yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendeatan studi kasus. Responden penelitian ini yaitu dua pegawai PPNPN yang suka berbelanja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai PPNPN di PTN X Makassar yang menggunakan e-commerce menunjukkan perilaku impulsive buying yang tampak dari aspek kognitif, afektif, spontanitas, kekuatan dan intensitas, kegairahan dan stimulasi, mengabaikan dampak negatif, serta pertentangan kontrol diri dan kesenangan. Faktor yang memengaruhi perilaku impulsive yang diperoleh meliputi pengaruh teman, pengaruh orang tua, dan aksebilitas ke situs e-commerce. Implikasi penelitian ini memberikan analisis secara deskriptif terkait perilaku, penyebab, dan dampak dari impulsive buying.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.