Pengaruh Strategi Informasi Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP N 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman
Main Article Content
Abstract
Kemampuan disiplin belajar siswa dalam hal ini dapat di tingkatkan dengan memberikan Strategi Informasi bidang belajar untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII di SMP N 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman. Penelitian ini adalah penelitian Pra Ekperimen model One Group Pretest Posttest Design, populasi adalah siswa Kelas VIII.1.VIII.2 dan VIII.4, sedangkan sampel penelitian adalah 30 orang siswa yang terindikasi masalah disiplin belajar berdasarkan teknik pusposive sampling dan hasil dari pretest serta uji homogenitas. Instrument pengumpulan data adalah skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon, sedangkan persyaratan analisis data menggunakan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian yang telah diketahui dari hasil nilai uji T (wilcoxon) menunjukkan perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Dari hasil perhitungan uji wilcoxon diperoleh nilai signifikan p-value sebesar 0,005. Berdasarkan ketentuan yang berlaku. Diketahui hasil uji wilcoxon Sig p-value sebesar 0,005 < α (α =0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil perhitungan uji wilcoxon dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar meningkat setelah diberikan perlakuan yaitu dengan Pengaruh Strategi Informasi Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP N 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.