Optimalisasi Praktikum Pemrograman Web melalui Blog dan Youtube pada Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Main Article Content

Wawan Setiawan
Nurul Fajriyah
Muhamad Farid Wajdi
Devi Yonesi

Abstract

Perkambangan teknologi di Era digital yang berubah cepat, membuat Perguruan Tinggi dituntut memberikan pendidikan berkualitas. Menyiapkan sumber daya manusia yang kompetitif, seperti mengembangkan metode pembelajaran yang adaptif dan kreatif sesuai perkembangan zaman. Saat ini sejumlah mahasiswa Program Studi Informatika di Fakultas Sains, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menghadapi tantangan dalam mengikuti perkuliahan praktikum pemrograman web. Beberapa faktor yang menjadi penyebab antara lain kemampuan pemahaman dan penalaran mahasiswa yang berbeda-beda, metode pembelajaran yang kurang interaktif, minimnya penggunaan media pembelajaran digital, serta keterbatasan waktu untuk eksplorasi mandiri di luar jam kuliah. Oleh karena itu, Penulis memberikan solusi pemeecehan masalah dengan cara menggunakan blog dan youtube sebagai media pembelajaran interaktif untuk perkuliahan praktikum pemrograman web. Setelah dilakukan aktualisasi, Mahasiswa mempunyai tingkat kemampuan yang sama dalam mengikuti praktikum pemrograman web setelah melalui penyediaan video tutorial coding yang dapat diakses berulang-ulang melalui channel youtube yang sudah dibuat. Kemudian Mahasiswa bisa akses modul praktikum blog mata kuliah pemrograman web yang dibuat secara bertahap dan berkesinambungan. Hasil survei kepuasan mahasiswa terhadap penerapan metode pembelajaran praktikum ini menunjukkan hasil yang sangat positif, dengan tingkat kepuasan mencapai 93%. Nilai ini mengindikasikan bahwa sebagian besar Mahasiswa merasakan manfaat yang signifikan dari penggunaan media digital dalam mendukung kegiatan praktikum.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setiawan, W., Nurul Fajriyah, Muhamad Farid Wajdi, & Devi Yonesi. (2025). Optimalisasi Praktikum Pemrograman Web melalui Blog dan Youtube pada Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 5(1), 654–665. https://doi.org/10.56799/peshum.v5i1.13370
Section
Articles