Manifestasi Post-Truth Pada Pemilu Presiden 2024 Di Media Sosial X
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Manifestasi Post Truth pada Pemilu Presiden 2024. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data berupa Netnografi serta studi litelatur terhadap objek yang diteliti. Pada penelitian ini, objek yang diteliti adalah fenomena post-truth yang muncul pada saat Pemilihan Presiden 2024 di Media sosial X. Teori yang digunakan adalah menggunakan Teori Budaya Parsipatif (Parsipatory Culture Theory), Hasil penelitian menunjukan manifestasi post-truth berkembang di indonesia. Banyaknya akun X yang mengunggah hoaks terkait isu Pembubaran Badan Usaha Milik Negara dengan narasi-narasi yang memojokan salah satu paslon. Faktanya, beberapa media periksa fakta telah mengunggah konten klarifikasi dari isu yang beredar terkait dibubarkannya BUMN. Hasil periksaan fakta menunjukkan bahwa isu yang beredar terkait dihapusnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah berita bohong. Anies sebagai calon presiden tidak akan membubarkan BUMN, melainkan ingin membangun kultur meritokratik dan asesmen kinerja yang baik di dalam BUMN.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.