Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan Islam Berbasis TQM Di MTs Negeri 1 Purworejo

Main Article Content

Khusnul Khotimah
Muhlil Musolin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan evaluasi program pendidikan Islam berbasis Total Quality Management (TQM) di MTs Negeri 1 Purworejo. Pendidikan Islam di Indonesia pada era kontemporer semakin mendapat perhatian karena kemampuannya mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan nilai-nilai keislaman. Madrasah dituntut tidak hanya unggul dalam aspek keagamaan, tetapi juga dalam pengelolaan mutu pendidikan. Evaluasi program menjadi instrumen penting dalam menjawab tuntutan ini, khususnya melalui pendekatan Total Quality Management (TQM) yang menekankan orientasi pada peserta didik, keterlibatan seluruh pihak, pengambilan keputusan berbasis data, serta perbaikan berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program telah berjalan secara terstruktur melalui rapat dinas, rapat komite, serta pemenuhan dokumen resmi Dalam praktiknya, evaluasi sudah mengarah pada prinsip TQM: fokus pada peserta didik terlihat dari pembinaan wali kelas dan layanan guru BK; keterlibatan stakeholder tampak melalui peran komite dan paguyuban kelas; pengambilan keputusan berbasis data didukung oleh laporan supervisi, absensi, dan hasil rapor; sedangkan upaya continuous improvement diwujudkan melalui tindak lanjut supervisi berupa pelatihan yang diikuti guru dan tenaga kependidikan baik itu program madrasah maupun mandiri. Meskipun implementasi TQM belum sepenuhnya merata, hasil penelitian memperlihatkan bahwa evaluasi di MTs Negeri 1 Purworejo telah berkembang dari sekadar kewajiban administratif menjadi instrumen strategis peningkatan mutu pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khusnul Khotimah, & Muhlil Musolin. (2025). Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan Islam Berbasis TQM Di MTs Negeri 1 Purworejo. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(6), 9231–9241. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i6.12453
Section
Articles