Peran Persepsi Kemudahan dalam Memediasi Pengaruh Efisiensi dan Kecepatan Transaksi QRIS Terhadap Kepuasan Pengguna di Surakarta

Main Article Content

Sigit Prasetyo
Ibnu Khajar

Abstract

QRIS diluncurkan pada Agustus 2019 dan bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi nontunai, sekaligus mendukung inklusi keuangan dan efisiensi sistem pembayaran nasional.  Dalam kurun waktu beberapa tahun, adopsi QRIS meningkat secara signifikan. BJika dilihat data QRIS Surakarta, jumlah merchant yang menggunakan QRIS juga mengalami peningkatan yang pesat. Pada akhir 2021, terdapat sekitar 81.302 merchant QRIS di Kota Surakarta. Angka ini merupakan yang tertinggi di wilayah Soloraya. Seiring berjalannya waktu, pada awal 2022, jumlah merchant QRIS di Soloraya meningkat menjadi 290.021 merchant. Hal ini mencerminkan antusiasme pedagang kecil dan pelaku UMKM terhadap adopsi teknologi pembayaran digital ini. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa efisiensi transaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna QRIS. Kecepatan transaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna QRIS. Efisiensi transaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kemudahan QRIS. Kecepatan transaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kemudahan QRIS. Persepsi Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna QRIS.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Prasetyo, S., & Khajar, I. (2025). Peran Persepsi Kemudahan dalam Memediasi Pengaruh Efisiensi dan Kecepatan Transaksi QRIS Terhadap Kepuasan Pengguna di Surakarta. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(6), 9367–9375. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i6.12405
Section
Articles