Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening
Main Article Content
Abstract
Di Solo Raya, UMKM menjadi penggerak utama ekonomi lokal dengan kehadirannya yang merata di berbagai sektor seperti kerajinan tangan, kuliner, tekstil, dan industri kreatif. UMKM tidak hanya memberikan kontribusi ekonomi, tetapi juga memainkan peran penting dalam pelestarian budaya lokal melalui produk-produk khas yang mereka hasilkan. Digitalisasi menjadi strategi utama dari program Onboarding UMKM melalui integrasi UMKM ke platform e-commerce. Bank Indonesia terus memperkuat kebijakan pengembangan UMKM dengan melakukan transformasi berbasis digital pada UMKM. Adanya trasformasi berbasis digital ini akan mendukung akselerasi pengembangan sektor UMKM. Hasil dari penelitian ini adalah variabel kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, variabel kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, serta variabel keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran atau hasil ini juga dapat disimpulkan bahwa keunggulan bersaing mampu memediasi kualitas produk terhadap kinerja pemasaran.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.