Strategi Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi Analitis pada Sekolah dan Madrasah di Indonesia
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komparatif strategi, implementasi, dan tantangan Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan sekolah (di bawah Kemendikbudristek) dan madrasah (di bawah Kemenag). Perencanaan SDM sebagai fungsi strategis menentukan ketersediaan tenaga kependidikan yang berkualitas dan tepat sasaran. Metode yang digunakan adalah studi literatur sistematis dengan menganalisis dan mensintesis 15 sumber primer berupa buku dan artikel jurnal terakreditasi SINTA 2 dan 3. Temuan penelitian mengungkap bahwa meskipun berbagi tujuan akhir yang sama, yaitu peningkatan mutu pendidikan, konteks operasional dan strategis perencanaan SDM di kedua lembaga memiliki perbedaan mendasar. Sekolah umumnya mengimplementasikan perencanaan SDM yang lebih terstruktur, terukur, dan terintegrasi dengan sistem data pokok pendidikan (Dapodik) yang terpusat. Sementara itu, madrasah beroperasi dalam konteks yang lebih kompleks akibat dualisme kebijakan (Kemenag dan Kemendikbudristek), keterbatasan anggaran yang lebih akut, serta keharusan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Aswaja (Ahlussunnah Wal Jama'ah) atau keislaman secara spesifik ke dalam kerangka perencanaannya. Tantangan utama sekolah terletak pada birokrasi yang kaku dan kesenjangan kualitas antar-wilayah, sedangkan madrasah menghadapi tantangan ganda berupa stigma masyarakat dan tuntutan kompetensi ganda (umum dan keagamaan) bagi gurunya. Artikel ini menyimpulkan bahwa pendekatan kontekstual, peningkatan sinergi antar-kementerian, pemberian otonomi yang lebih besar di tingkat satuan pendidikan, serta penguatan sistem informasi manajemen berbasis data yang akurat merupakan langkah-langkah krusial untuk mematangkan perencanaan SDM di kedua sektor pendidikan nasional ini.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.